Senin, 22 Oktober 2012

SILABUS PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI


SILABUS

Matakuliah                :  Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam
SKS                             :  3 sks
Semester/Fakultas     :  Ganjil/V/PAI/FT UNIPDU JOMBANG
Tahun Akademik        :  2012/2013
Dosen Pembimbing   :  Mahfudz MS, S.Pd.I, M.Pd.I
Korespondensi           : Jl. Tambak Medokan Ayu Gg.VIII Blok A/23 Rungkut  Surabaya.
                                     e-mail : mahfudzms@ymail.com
                                    Hp      :  081703541014


I.        Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang mencakup konsep dasar pengembangan kurikulum, pengembangan silabus dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

II.      Standar Kompetensi
1.         Memahami konsep dasar pengembangan kurikulum.
2.         Mampu mengembangkan silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
3.         Mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

III.    Strategi  Perkuliahan
1.      Tatap muka:    (  Kuliah tatap muka, Diskusi, Presentasi, Seminar)
2.      Non tatap muka: (  Tugas mandiri,  Tugas kelompok)

IV.   III.  Materi Pokok
1.      Pengertian, Fungsi, dan Ruang Lingkup Kurikulum
2.      Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan
3.      Peranan Guru dalam Pengembangan Kurikulum
4.      Landasan/Asas/Prinsip  Pengembangan Kurikulum
5.      Organisasi Kurikulum
6.      Desain Pendekatan Kurikulum
7.      Langkah-langkah Pengembangan  Kurikulum
8.      Pengembangan Kurikulum di Indonesia (review KTSP)
9.      Evaluasi Kurikulum
10.  Pendidikan Agama Islam: Tujuan dan Ruang Lingkup
11.   Silabus dalam Kurikulum
12.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dalam Kurikulum
13.   Menyusun silabus dan RPP mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

V.     Referensi
1.      A. Hamid Syarif,  Pengembangan Kurikulum & Pengenalan Kurikulum Sekolah
2.      Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum.
3.      Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum
4.      Hendyat Soetopo, Pembinaan & Pengemb. Kurikulum
5.      Moh. Ali, Pengembangan Kurikulum di Sekolah
6.      Muhammad Joko Susilo, Kuikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsngnya
7.      Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
8.      Nana Sudjana, Pembinaan & Pengembangan Kurikulum di Sekolah
9.      Nasution, Azas-azas Kurikulum.
10.  Nasution, Kurikulum dan Pengajaran
11.  Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas.
12.  Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: BSNP.
13.  Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SK, KD) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
14.  Sukmadinata Nana Syaodih. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
15.  Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum:Teori dan Praktik.
16.  Supiana. M. Karman. Materi pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
17.  Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional no.20 tahun 2003
18.  Dll

VI.   Model Perkuliahan.
1.      Perkuliahan dilakukan 13 kali pertemuan.
2.      Pertemuan pertama bersifat pengantar dari dosen pengampu, dan membagi tugas mahasiswa untuk membuat makalah sebagai bahan diskusi dalam kelas.
3.      Makalah dibuat seperti Skripsi (mini Skripsi) mulai Pendahuluan (latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, kegunaan), Isi, Penutup (kesimpulan), dengan mencantumkan referensi (innote / footnote),  dan minimal 10 halaman.
4.      Semua Makalah harus sudah diserahkan pada dosen pengampu pada pertemuan kedua dan dibagikan kepada semua rekan-rekan mahasiswa satu minggu sebelum dilakukan pembahasan dalam perkuliahan.
5.      Materi perkuliahan pertama s/d dua belas presentasi dan diskusi kelas dengan membahas topik-topik yang telah ditentukan.

VII. Penilaian
No.
Jenis Tagihan
Bobot (%)
1
Kehadiran, presentasi, dan partisipasi dalam kuliah
20%
2
Tugas terstruktur
15%
3
Ujian Tengah Semester
25%
4
Ujian Ahir Semester
40%
5
Lain-lain
Jumlah
100%

2 komentar: