SILABUS
Matakuliah : Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Agama Islam
SKS : 3 sks
Semester/Fakultas :
Ganjil/V/PAI/FT UNIPDU JOMBANG
Tahun Akademik : 2012/2013
Dosen Pembimbing : Mahfudz MS,
S.Pd.I, M.Pd.I
Korespondensi : Jl. Tambak Medokan Ayu Gg.VIII Blok A/23 Rungkut Surabaya.
e-mail : mahfudzms@ymail.com
Hp
: 081703541014
I.
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan
kurikulum Pendidikan Agama Islam yang mencakup konsep dasar pengembangan
kurikulum, pengembangan silabus dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
II. Standar
Kompetensi
1.
Memahami konsep dasar pengembangan kurikulum.
2.
Mampu mengembangkan silabus Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
3.
Mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
III. Strategi
Perkuliahan
1.
Tatap muka: ( Kuliah
tatap muka, Diskusi, Presentasi, Seminar)
2. Non tatap muka: ( Tugas
mandiri, Tugas kelompok)
IV. III. Materi
Pokok
1.
Pengertian,
Fungsi, dan Ruang Lingkup Kurikulum
2.
Kedudukan
Kurikulum dalam Pendidikan
3.
Peranan
Guru dalam Pengembangan Kurikulum
4.
Landasan/Asas/Prinsip Pengembangan Kurikulum
5.
Organisasi
Kurikulum
6.
Desain
Pendekatan Kurikulum
7.
Langkah-langkah
Pengembangan Kurikulum
8.
Pengembangan
Kurikulum di Indonesia (review KTSP)
9.
Evaluasi
Kurikulum
10. Pendidikan Agama Islam: Tujuan dan Ruang
Lingkup
11. Silabus
dalam Kurikulum
12. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (
RPP ) dalam Kurikulum
13. Menyusun silabus dan RPP mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam
V.
Referensi
1. A. Hamid
Syarif, Pengembangan Kurikulum &
Pengenalan Kurikulum Sekolah
2.
Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum.
3.
Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum
4. Hendyat
Soetopo, Pembinaan & Pengemb. Kurikulum
5. Moh. Ali, Pengembangan
Kurikulum di Sekolah
6.
Muhammad Joko Susilo, Kuikulum Tingkat Satuan
Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsngnya
7.
Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
8. Nana Sudjana, Pembinaan
& Pengembangan Kurikulum di Sekolah
9.
Nasution, Azas-azas Kurikulum.
10.
Nasution, Kurikulum dan Pengajaran
11. Panduan Pengembangan Silabus PAI.
2006. Jakarta: Diknas.
12. Panduan Penyusunan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: BSNP.
13.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SK, KD)
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
14. Sukmadinata Nana Syaodih. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
15.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan
Kurikulum:Teori dan Praktik.
16. Supiana. M. Karman. Materi
pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
17. Undang-undang
Sistem Pendidikan Nasional no.20 tahun 2003
18.
Dll
VI. Model
Perkuliahan.
1. Perkuliahan dilakukan 13 kali pertemuan.
2. Pertemuan pertama bersifat
pengantar dari dosen pengampu, dan membagi tugas mahasiswa untuk membuat
makalah sebagai bahan diskusi dalam kelas.
3.
Makalah dibuat seperti
Skripsi (mini Skripsi) mulai Pendahuluan (latar belakang masalah, rumusan
masalah, tujuan penulisan, kegunaan), Isi, Penutup (kesimpulan), dengan mencantumkan
referensi (innote / footnote), dan minimal 10 halaman.
4. Semua Makalah harus sudah
diserahkan pada dosen pengampu pada pertemuan kedua dan dibagikan kepada semua
rekan-rekan mahasiswa satu minggu sebelum dilakukan pembahasan dalam
perkuliahan.
5. Materi perkuliahan pertama s/d dua belas presentasi
dan diskusi kelas dengan membahas
topik-topik yang telah ditentukan.
VII. Penilaian
No.
|
Jenis Tagihan
|
Bobot (%)
|
1
|
Kehadiran, presentasi, dan partisipasi dalam kuliah
|
20%
|
2
|
Tugas terstruktur
|
15%
|
3
|
Ujian Tengah Semester
|
25%
|
4
|
Ujian Ahir Semester
|
40%
|
5
|
Lain-lain
|
|
Jumlah
|
100%
|
mantap
BalasHapusmantap
BalasHapus